-->

Macam Macam Jenis Gaya Tari Modern

Assalamualaikum wr wb

Macam macam jenis gaya tari modern- Perkembangan seni di dunia termasuk tari terjadi secara alami dan sesuai dengan tuntutan zaman. Oleh karena itu, akan sangat banyak bermunculan keragaman seni tari baik di Nusantara maupun di mancanegara.

Tarian
Sumber Pixabay.com


Tetapi walaupun terdapat banyak tari tari modern yang indah nan bagus, kita sebagai WNI harus turut melestarikan kesenian tari tradisional agar tidak terhapus oleh zaman.

Contoh dan Jenis Gaya Tari Modern

  • Balet

Balet dapat ditampilkan sendiri atau sebagai bagian dari sebuah opera. Balet terkenal dengan teknik virtuosonya seperti pointe work, grand pas de deux, dan mengangkat kaki dengan tinggi. 

Teknik balet banyak yang mirip dengan teknik anggar. Karena keduanya mulai berkembang dalam periode yang sama dan keduanya juga membutuhkan teknik keseimbangan dan pergeran yang mirip.

Istilah ballo pertama kali digunakan oleh Domenico da Piacenza (dalam De ArteSaltandi et Choreas Ducendi), karya tersebut dikenal dengan nama balleti atau balli yang akhirnya menjadi balle.

  • Tari Tango

Tari tango merupakan tarian pergaulan yang berasal dari Amerika dan memiliki irama yang didasarkan pada birama 2/4 atau 4/4, sedangkan temponya sedang. 

Gerak tariannya sangat memikat karena dilakukan dengan langkah-langkah yang menimbulkan kesan dan perasaan mengalir dan melayang.

Tari Tango juga termasuk permainan dan dapat ditarikan secara tunggal, berpasangan dan berkelompok.

  • Tari Flamenco

Tari Flamenco termasuk jenis tarian pergaulan yang berasal dari tradisi gipsi Andalusia Spanyol Selatan. Tarian ini biasa ditarikan sendiri atau tunggal, berpasangan, dan berkelompok.

Pola ritmik dari beberapa hentakan kaki, tumit, atau seluruh telapak. Tarian ini diiringi gitar, tepukan tangan, hentakan kaki, dan seruan dari penonton

  • Tari Salsa

Tari Salsa termasuk jenis tarian yang ditarikan secara berpasangan. Kata salsa berasal dari Spanyol yang berarti saus. Salsa ditarikan dengan menggunakan irama delapan ketukan, yaitu dua bar yang terdiri dari empat ketukan.

Umumnya setiap ketukan menggunakan tiga langkah dan satu ketukan dilewati. Ketukan yang dilewatkan tersebut ditandai dengan gerakan tendangan atau sentakan kaki. Salsa tidak memerlukan arena yang luas.


Dalam tarian Salsa tidak ada aturan baku. Namun ada gaya tarian Salsa tertentu yang dapat dikenali secara umum. Musik Salsa melibatkan irama perkusi yang rumit dan cepat, gabungan antara musik tradisional Afrika dan Kuba serta irama Amerika Latin.

  • Tari Disko

Tari Disko termasuk jenis pergaulan yang ditarikan secara beramai-ramai (tari kelompok). Tarian ini berasal dari Amerika Serikat pada tahun 1950an. Kemudian tari ini berkembang pesat di Jerman dan Prancis pada tahun 1970an.

Irama lagu yang merupakan perpaduan antara lagu rohani Negro, rhytm, dan blues sangat meriah sehingga mampu merangsang orang lain untuk menari.

  • Tari Waltz
Tari Waltz termasuk jenis tarian berpasangan. Tarian ini terkenal dalam birama 3/4 dengan tempo yang berbeda-beda. Tarian ini berasal dari tari weller (tarian petani Jerman) dan tari Leander (tarian Australia).

Di Jerman, tarian ini ditarikan dengan tempo agak lambat, tetapi di Wina ditarikan dengan tempo lebih cepat dan bersemangat. Tarian Waltz yang terkenal adalah Vienese dan Boston.

 Pada Vienese pasangan akan berputar satu arah dengan cepat, sedangkan pada tari Boston, pasangan berputar ke segala arah dengan lambat.

  • Break Dance

Break Dance termasuk tari tunggal yang berasal dari kelompok pekerja Negro Amerika. Bentuk tariannya berupa gerakan patah-patah atau stakato dan bersifat akrobatik.

Tarian ini lahir bersamaan dengan perkembangannya musik rap yang terkenal dalam komunitas kaum pekerja Negro Rap.
  • Tari Kontemprorer

Tari Kontemprorer kembangan dikenal karena adana pengaruh dampak modernisasi. Tarian ini digunakan sebagai istilah Contemporary Art Berkembang di Barat sebagai produk seni yang dibuat sejak PDII. 

Istilah ini berkembang di Jepang seiring makin beragamnya teknik dan media yang digunakan untuk memproduksi suatu karya seni tari.

Selain itu, juga telah terjadi percampuran antara praktik disiplin yang berbeda, pilihan artistik, dan pilihan presentasi karya yang tidak terikat oleh batas-batas ruang dan waktu.

Sekian Penjelasan mengenai Macam Macam Jenis Gaya Tari Modern.


Wassalamualaikum wr wb


1 comment

Berkomentarlah Dengan Bijak.
Gunakanlah Emotikon untuk Mengekspresikan Perasaan Sobat
'