-->

Kapankah Indonesia Bisa Berubah Menjadi Negara Maju ?

Assalamualaikum wr wb

Kapankah Indonesia Bisa Berubah Menjadi Negara Maju ? - Indonesia adalah sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara,yang berpenduduk mayoritas beragama islam, dan merdeka pada tahun 1945.

Walaupun telah merdeka dari bangsa asing, tetapi Indonesia masih belum merdeka dari bangsa sendiri hingga sampai saat ini.

Kondisi bangsa Indonesia waktu itu(sebelum merdeka) sangatlah memprihatinkan, banyak orang Indonesia yang meninggal dunia akibat kelaparan dan karena penyakit karena tidak terurusnya warga warga Indonesia akibat dijajah.

Dalam masa sekarang apakah hal seperti itu sudah hilang ? Belum,karena banyak dari warga Indonesia yang kondisi perekonomiannya memprihatinkan.

Walaupun tidak separah masa itu, tetapi Indonesia sudah berumur tua, yaitu 70 tahun lamanya, mengapa masih belum terentaskan dari kemiskinan ? Oleh karena itu dan beberapa alasan lain yang menyebabkan negara Indonesia masih dikategorikan sebagai negara berkembang, bukan negara maju, lalu kapan negara Indonesia dapat menjadi negara maju dan dapat menyaingi negara negara lainnya ?

Kapan Menjadi Negara Maju ?

Negara maju adalah keinginan semua bangsa didunia, karena banyak keuntungan yang diperoleh jika suatu negara dikatakan "negara maju" dan dengan menjadi negara maju, negara tsb akan dikenal di seluruh dunia.

Walaupun telah 70 tahun merdeka, nyatanya Indonesia masih bukan termasuk negara maju, mengapa ? Karena bangsa Indonesia masih belum memenuhi kriteria - kriteria negara maju, apakah kriteria - kriteria itu ? Pendapatan perkapita yang tinggi, tingkat kemiskinan yang rendah, tingkat rata rata pendidikan yang tinggi, kemajuan teknologi yang pesat, sudah dapat mengolah SDA sendiri atau tidak mengekspor SDA dalam bentuk mentah melainkan sudah hasil olahan, dan perkembangan industri yang tinggi. Lalu kapankah Indonesia memenuhi kriteria atau persyaratan menjadi negara maju ?

1. Saat Indonesia dapat mengolah SDA sendiri


Dengan dapat mengolah hasil kekayaannya sendiri, Indonesia akan memenuhi satu persyaratan negara maju. Negara Indonesia saat ini masih belum bisa mengolah kekayaannya yang sangat melimpah, contohnya saja PT.Freeport (Amerika Serikat) yang mengolah hasil emas Indonesia di Papua. Indonesia harus cepat memikirkan upaya ini, karena jika telat, emas kita akan habis dinikmati oleh negara lain, bukannya kita sendiri. 
Upaya agar Indonesia dapat mengolah SDA secara mandiri : 
- Meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia,
- Memberikan semua fasilitas yang dibutuhkan untuk mengolah SDA,
- Melakukan pembelajaran tentang pengolahan SDA di negara yang sudah dapat mengolah SDA sendiri,
- Melakukan percobaan mengolah SDA bagi para penerus generasi bangsa dan dibiayai oleh pemerintah,
- Menambahkan ekstrakulikuler tentang Ilmu Pengolahan SDA, bagi tingkat SMP keatas, walaupun jam pembelajaran selama 1 minggu 1 kali  agar setidaknya telah mengendal SDA dari dini.

2. Saat Indonesia dapat bebas dari kemiskinan


Kemiskinan adalah keadaan ekonomi suatu keluarga yang masih rendah/belum bisa mencukupi kebutuhan ekonomi keluarganya.
Kemiskinan merupakan musuh terbesar negara Indonesia, karena dari dulu NKRI masih belum bisa keluar dari belenggu kemiskinan. Salah satu faktor yang menyebabkan warga negara Indonesia masih berekonomian rendah adalah korupsi yang dilakukan oleh pejabat Indonesia yang kuantitasnya sangat besar dan secara terus menerus. Bangsa Indonesia seharusnya menghukum para koruptor dengan hukuman yang amat sangat berat, agar para koruptor jera dan berhenti dari mengkorupsi kekayaan negara.
Upaya agar kemiskinan dapat dihilangkan di Indonesia :
- Memberikan bantuan kepada warga miskin,baik uang,kesehatan,maupun yang lainnya,
- Menghukum para koruptor dengan hukuman yang paling berat,
- Mendidik anak anak kecil agar saling berbagi, agar terbiasa membagikan bantuan kepada temannya yang membutuhkan,
- Membuat dan mendirikan usaha yang dikhususkan bagi warga yang miskin,
- Membuat rumah susun standar dengan biaya kurang dari 10% gaji , dan dikhususkan bagi warga miskin.  

3. Saat Indonesia memiliki kualitas pendidikan yang bagus


Pendidikan merupakan salah satu bagian hidup yang harus dimiliki oleh setiap warga negara. Dan pendidikan juga menentukan maju/tidaknya suatu negara. Keadaan pendidikan di Indonesia masih terbilang butuk, karena masih banyak para generasi penerus negara Indonesia yang tidak sekolah, dan penyebab paling besar ialah tidak memiliki biaya yang cukup. 
Upaya agar kualitas pendidikan Indonesia membaik :
- Memberikan biaya pendidikan secara gratis setidaknya sampai SMK/SMA 
- Meniru cara pembelajaran negara yang kualitas pendidikannya bagus. Dan menambahkan/merapikan ulang lagi agar sesuai dengan sifat bangsa Indonesia,
- Memberikan fasilitas pendidikan sesuai dengan standar dunia,
- Membuat rangkuman setiap hasil pembelajaran agar pengajar mengetahui siapa yang faham dengan yang dipelajari dengan yang tidak faham,
-Jika semua upaya telah dilakukan, hal yang terakhir dalam peningkatan kualitas pendidikan Indonesia adalah kesadaran siswa itu sendiri, dengan keseriusan untuk belajar, tidak melakukan tawuran, dan berniat bersekolah untuk mencari ilmu, bukan yang lain.

4. Saat Indonesia tidak buta teknologi 


Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui apa itu teknologi dan betapa pentingnya teknologi di era globalisasi ini.
Teknologi adalah hasil cipta manusia yang dibuat dengan tujuan untuk membantu pekerjaan manusia. Mengapa penting ? sesuai dengan artinya, yaitu jika tanpa teknologi manusia akan kesusahan dalam bekerja, dan akan semakin lama waktu pekerjaanya, dengan teknologi, manusia dapat melakukan banyak pekerjaan dalam 1 waktu, mempercepat pekerjaanya, meningkatkan kualitas hasil pekerjaanya,dll. Walaupun banyak manfaatnya tetapi banyak masyarakat Indonesia yang masih buta teknologi dan tidak tahu cara menggunakannya.
Upaya agar masyarakat Indonesia tidak buta teknologi :
- Memperkenalkan teknologi dan cara pengunaanya di setiap desa di Indonesia
- Memfasilitasi teknologi pada pekerjaan yang memakmurkan masyarakat banyak(petani,nelayan,dll),
- Melakukan pelatihan teknologi kepada masyarakat 
- Memberikan ilmu tentang teknik pembuatan teknologi di desa desaS,
- Mengadakan lomba pembuatan teknologi antar desa secara kecil-kecilan yang dibiayai oleh pemerintah

5. Saat Indonesia memberantas pengangguran


Pengangguran adalah suatu kegiatan yang tidak melakukan apa - apa atau orang yang tidak memiliki pekerjaan, baik dipecat atau memang tidak memiliki pekerjaan. Pengangguran merupakan salah satu musuh terbesar bagi seluruh negara, karena dapat menambah jumlah kemiskinan jika tidak cepat menemukan pekerjaan. Sekarang di Indonesia banyak orang yang mau tidak mau harus terkena PHK, karena perusahaan tsb tidak dapat memberi gaji kepada karyawannya akibat melambungnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika.
Upaya untuk memberantas pengangguran di Indonesia :
- Mendirikan Usaha kelas menengah kebawah, seperti, usaha fotocopy, warnet, toko, dll,
- Membuat pelatihan keterampilan, pengetahuan dll di balaidesa
- Menambah UMP sesuai kondisi ekonomi provinsi tsb
- Menerapkan pemikiran"demi masa depan" bagi seluruh penganggur
- Memiliki keseriusan untuk bekerja dan mencari uang

6. Saat Pendapatan per kapita Indonesia tinggi


Pendapatan per kapita adalah ukuran standar suatu negara yang diperoleh dengan cara membagi pendapatan nasional dengan jumlah penduduknya. Jika Indonesia telah berhasil memenuhi persyaratan 5 kriteria di atas, secara otomatis Pendapatan per kapita negara Indonesia juga tinggi dan menyebabkan negara Indonesia menjadi negara maju.

Kesimpulan :
Indonesia akan menjadi negara maju jika terdapat kerjasama yang cocok antara pemerintah dengan rakyat, yaitu pemerintah sebagai pembiaya dan rakyat sebagai pelaksana, jika salah satu faktor tersebut tidak memiliki pemikiran yang sama, yaitu untuk membangun masa depan Indonesia maka negara ini tidak akan bisa menjadi negara maju.

Sekian dan semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr wb 


No comments

Berkomentarlah Dengan Bijak.
Gunakanlah Emotikon untuk Mengekspresikan Perasaan Sobat
'