-->

Contoh, Jenis, dan Manfaat Sistem Distribusi Bagi Manusia

Assalamualaikum wr wb

Sistem Distribusi selalu ada di kehidupan manusia, lantas apa yang dimaksud dengan distribusi ?

Distribusi adalah pekerjaan yang menyalurkan barang / jasa dari produsen (pembuat) ke konsumen (pemakai) sedangkan orang yang melakukan pekerjaan distribusi disebut distributor.

Distribusi

Tanpa distribusi di kehidupan ini, semuanya akan serba sulit , misalnya saja jika kita ingin membeli tempe kita harus repot repot membeli ke pabriknya, tetapi jika distributor tempe ada kita hanya memanggil "tempe" lalu tinggal membelinya, oleh karena itu distributor sangat berjasa dalam dunia perdagangan di kehidupan ini. 

Syarat syarat distribusi adalah adanya produsen dan adanya konsumen/peminat karena jika salah satu unsur tersebut tidak ada maka distribusi tidak akan bisa berjalan, contoh :

1. Bu Jeni ingin membeli baju tetapi disekitar tempat tinggalnya tidak ada orang yang menjual baju karena kurangnya salah satu unsur (produsen) maka distribusi tidak akan berjalan.

2. Pak Dodi akan membuka usaha yaitu usaha nasi goreng,tetapi pak Dodi menjualnya dengan harga yang mahal sehingga menyebabkan kurangnya peminat nasi goreng pak Dodi, karena salah satu unsur tidak ada (konsumen) maka distribusi tidak akan berjalan. 

Distribusi itu terdapat 2 macam,yaiu distribusi langsung dan distribusi tidak langsung 

Distribusi langsung ialah distribusi yang penjualannya dari produsen langsung ke tangan konsumen tanpa perantara, contoh : warung nasi goreng yang menjual nasi gorengnya langsung ke konsumen PRODUSEN --------> KONSUMEN .


Distribusi tidak langsung ialah kebalikan dari distribusi langsung,yaitu distribusi yang penjualannya dari produsen langsung ke tangan konsumen menggunakan perantara,contoh Ibu Supri memesan jam tangan dari luar negeri,lalu jam tangan itu di ekspor dari luar negeri ke Indonesia setelah itu di distribusikan ke rumah bu Supri.
PRODUSEN---->EKSPORTIR----->DISTRIBUTOR---->KONSUMEN

Contoh contoh distributor : Jasa Ongkir, Jasa Pengiriman, Kantor Pos, Pedagang sayur,dll

Sekian dari penjelasan saya mengenai sistem distribusi,semoga bermanfaat

Wassalamualaikum wr wb

No comments

Berkomentarlah Dengan Bijak.
Gunakanlah Emotikon untuk Mengekspresikan Perasaan Sobat
'