-->

Macam-Macam Penyerbukan Pada Tumbuhan

Assalamualaikum wr wb

Macam-Macam Penyerbukan Pada Tumbuhan. Sebagai mahluk hidup, perkembangbiakan adalah salah satu hal yang paling penting, karena dengan berkembangbiak, mahluk hidup akan memiliki generasi baru dan akan sebagai pewaris. 

Begitu pula dengan tumbuhan, tumbuhan berkembang biak dengan cara reproduksi seksual dan aseksual.

Aseksual adalah perkembangbiakan tumbuhan tanpa melalui penyerbukan contoh reproduksi tumbuhan secara aseksual adalah cangkok, stek, rhizoma, merunduk, dsb. Sedangkan seksual, adalah proses perkembangbiakan tumbuhan melalui penyerbukan.

Penyerbukan

Penyerbukan adalah proses dimana serbuk sari (bagian halus/rambut yang terdapat di benang sari) menempel diatas kepala putik. Di dalam penyerbukan tumbuhan, terdapat jenis-jenis penyerbukannya antara lain :
  • Penyerbukan Sendiri (Autogamy)
Penyerbukan sendiri adalah penyerbukan dimana serbuk sari menempel di kepala putik di bunga yang sama (serbuk sari dan putik terletak pada 1 bunga)
  • Penyerbukan Tetangga (Geitogamy)
Penyerbukan tetangga adalah penyerbukan dimana serbuk sari menempel di kepala putik di bunga yang berbeda tetapi masih satu pohon.
  • Penyerbukan Silang (Allogamy/Xerogamy)
Penyerbukan silang adalah penyerbukan dimana serbuk sari menempel di kepala putik di bunga yang berbeda dan di pohon yang berbeda pula tetapi masih 1 jenis. Contoh : serbuk sari bunga mangga gadung yang terletak di Jakarta, menempel di putik bunga mangga gadung yang terletak di Surabaya.
Hal ini masih akan membentuk bakal buah, karena berasal dari jenis mangga yang sama(gadung) walaupun berbeda

Tentunya, semua penyerbukan tumbuhan diatas tidak dilakukan oleh tumbuhan itu sendiri, melainkan dengan bantuan zat dan mahluk hidup. Antara lain :

Angin (Anemogami)

Yaitu penyerbukan yang serbuk sarinya ditiup angin sehingga dapat menempel di kepala putik. Ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dibantu oleh angin ialah :
  • Bunganya berukuran kecil
  • Jumlah bunga banyak dan ringan
  • Bunganya tidak menghasilkan nektar dan bau
Contoh : Jagung, Tebu

Serangga (Entomogami)

Bagaimana bisa serangga membantu penyerbukan ? masa serbuk sarinya dibawa, kan ngga mungkin. Bukan gitu sob, serbuk sari pada tumbuhan yang biasanya dihinggapi serangga memiliki nektar, sehingga memiliki serbuksari dengan struktur yang lengket. Dan saat serangga hinggap di tumbuhan tsb, serbuk sari yang lengket tersebut otomatis menempel ke kaki serangga tsb. Dan akan terjadi 2 kemungkinan,  yaitu saat serangga terbang lalu serbuk sarinya jatuh dan menempel ke putik dan kaki serangga yang terdapat serbuk sari, menginjak kepala putik. Udah ngerti kan sob ? OOOH Begetoh.

Ciri - ciri bunga yang penyerbukannya dibantu serangga :
  • Memiliki mahkota yang besar dan berwarna warni
  • Bunganya menghasilkan nektar dan bau
Contoh : Bunga matahari
Contoh serangganya adalah lebah, kupu-kupu, dll

Burung (Ornitogami)

Yaitu penyerbukan yang dibantu oleh burung, yang cara kerjanya hampir sama seperti serangga hanya saja menempel di paruh burung, namun tidak semua burung yang dapat membantu penyerbukan. Contoh burung yang dapat membantu adalah burung isap madu dan burung kolibri.

Ciri-ciri tumbuhan yang penyerbukannya dibantu burung : 
  • Memiliki ukuran bunga yang besar
  • Berwarna merah cerah
  • Tidak berbau
  • Menghasilkan nektar dalam jumlah yang banyak
  • Bunga berbentuk terompet
Contoh : Bunga cangkring atau dadap

Kelelawar (Kiropterogami)

Yaitu tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh kelelawar, yang sistemnya seperti burung.
Ciri-ciri tumbuhan yang penyerbukannya dibantu kelelawar :
  • Bunganya memiliki warna yang menyala dan menarik
  • Bunganya menghasilkan nektar
  • Menghasilkan bau
  • Mekar pada malam hari
Contoh : Tanaman kaktus

Manusia (Antropogami)

Tanaman yang penyerbukannya dibantu oleh manusia biasanya merupakan bunga yang berumah dua, artinya dalam satu pohon hanya terdapat bunga jantan atau bunga betina saja. Atau tanaman yang serbuk sarinya sulit bertemu dengan putik.
Contoh : Bunga vanili dan anggrek

Sekian ulasan tentang Macam-Macam Penyerbukan Pada Tumbuhan. semoga bermanfaat
wassalamualaikum wr wb

No comments

Berkomentarlah Dengan Bijak.
Gunakanlah Emotikon untuk Mengekspresikan Perasaan Sobat
'