-->

Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia

Assalamualaikum wr wb

Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia. Sistem reproduksi sangat sensitif terhadap penyakit. Penyakit pada sistem reproduksi dapat disebabkan oleh bakteri, jamur, atau virus, dan dapat juga ditularkan dari orang tua (yang terinfeksi) kepada anaknya, akibat tranfusi darah yang terinfeksi,  akibat menggunakan jarum tatoo yang telah terinfeksi, silet rambut yang terinfeksi, akibat salah, pergaulan, dan penggunaaan jarum suntik untuk narkoba.

HIV adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya di dunia

Oleh karena itu, sebaiknya kita berusaha sekuat mungkin untuk menjauhi pergaulan bebas dan penggunaan narkotika yang sudah tentu tidak ada manfaatnya sama sekali bagi kita.

Macam - Macam Penyakit yang Menyerang Sistem Reproduksi Manusia :

  • Gonorrhoea (GO)
Penyakit Gonorrhoea disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Gejala penyakit ini pada laki-laki adalah rasa sakit dan keluar nanah pada saat kencing, sedangkan pada perempuan gejalanya adalah keputihan berwarna kuning hijau. Penyakit GO dapat menyebabkan kebutaan pada bayi yang baru lahir.

  • Sifilis (Raja Singa)
Sifilis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Gejala awal penyakit ini adalah luka pada tempat masuknya bakteri ke dalam tubuh, biasanya pada daerah sekitar kelamin. Sifilis dapat menyebar dan menyerang organ-organ tubuh lainnya, kemudian menimbulkan kerusakan pada organ tersebut.

  • Herpes Simplex Genitalis
Penyakit herpes simplex genitalis disebabkan oleh virus Herpes simplex tipe 2, yang menyerang kulit di daerah genitalia luar, anus, dan vagina. Gejala penyakit ini berupa gatal-gatal, pedih dan kemerahan pada kulit di daerah kelamin. Pada daerah tersebut kemudian timbul beberapa lepuh kecil-kecil, selanjutnya lepuh menjadi pecah dan menimbulkan luka. Penyakit herpes sulit sekali sembuh dan sering kambuh setelah beberapa bulan atau tahun.

  • HIV/AIDS

Penyakit AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh virus HIV (Human Immune Deficiency Virus) yang menyerang sistem imunitas atau kekebalan tubuh penderita. Saat ini penyakit yang disebabkan oleh virus HIV ini lebih dikenal dengan istilah AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome). Saat ini belum ditemukan vaksin pencegahannya dan belum ada obat yang betul-betul dapat diandalkan untuk mengobati penyakit ini.

Baca Juga :Penyakit Pada Sistem Ekskresi
  • Keputihan
Keputihan yaitu penyakit kelamin yang terjadi pada perempuan dengan ciri-ciri terdapat cairan berwarna putih kekuningan atau putih keabu-abuan pada bagian kelamin wanita. Cairan tersebut bersifat encer atau kental, berbau tidak sedap dan dapat menyebabkan rasa gatal pada vagina. Penyakit ini dapat diakibatkan oleh infeksi jamur Candida albicans, bakteri, virus,dan penyakit. Penyakit ini bisa terjadi apabila kebersihan organ kelamin wanita dan sekitarnya kurang dijaga dengan baik.

  • Epididimitis
Penyakit ini terjadi pada laki-laki. Epididimitis adalah peradangan pada saluran epididimis yang disebabkan oleh infeksi atau terkena penyakit menular seksual. Penyakit epididimitis ditandai dengan rasa nyeri disertai pembengkakan pada salah satu testis. Salah satu penyebab terjadinya penyakit ini adalah pergaulan bebas.

  • Kanker Vagina
Penyaki ini sampai saat ini tidak diketahui penyebabnya dan kemungkinan disebabkan oleh virus yang menyebabkan iritasi. Upaya pengobatannya dapat dilakukan dengan kemoterapi dan bedah laser.

  • Kandida
Kandida adalah suatu penyakit dimana terdapat berbagai macam jamur yang hidup di saluran pencernaan, saluran kemih, dan genital. Jamur kandida yang biasa menyebabkan infeksi adalah Kandida albikans. Gejala yang terjadi jika infeksi pada vagina adalah gatal-gatal pada bagian tersebut, terutama pada malam hari. Serta ditandai dengan keluarnya cairan vagina berwarna pekat seperti keju sampai dengan keruh encer. Jamur ini dapat menular melalui persetubuhan. Penyakit ini dapat ditangani dengan obat anti jamur.

  • Kanker Serviks
Kanker serviks ialah kanker yang terjadi pada serviks (leher rahim) yang hampir semuanya disebabkan oleh virus HPV (Humman Papilloma Virus). Gejala awal berupa pendarahan pada vagina yang baru muncul saat memasuki stadium lanjut. Kanker serviks tidak menular. Penanganannya adalah dengan pengangkatan uterus, oviduk, ovarium, sepertiga bagian atas vagina, dan kelenjar limfa panggul.

  • Kanker Prostat
Kanker prostat adalah kanker yang berkembang di bagian kelenjar prostat pada pria. Sel kanker prostat dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Terutama pada tulang dan lymph node. Gejala bagi orang yang terkena penyakit ini adalah kesulitan buang air kecil, rasa sakit di bagian prostat (di perut bagian bawah), impotensi, dan lainnya.
Itulah macam macam Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia. Sekian dan semoga bermanfaat

Wassalamualaikum wr wb


Referensi : http://hedisasrawan.blogspot.co.id/2014/03/25-penyakit-pada-sistem-reproduksi.html

No comments

Berkomentarlah Dengan Bijak.
Gunakanlah Emotikon untuk Mengekspresikan Perasaan Sobat
'